Skip to content
Dewacloud Blog
Search
Close this search box.

Cara Mengkoneksikan Domain atau Subdomain ke Dewacloud

Domain

Pengertian domain, domain adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah website dengan nama yang lebih mudah diingat dan diketik dibandingkan IP address yang sangat rumit.

Dewacloud

Dewacloud adalah layanan berbasis PaaS (Platform as a Service) dimana kamu dapat membuat, mengelola dan mendesain topologi dengan one-click, selain easy-to-use, tampilannya pun sudah user-friendly, sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh user.

Cara Mengkoneksikan Domain atau Subdomain ke Dewacloud

Untuk mengkoneksikan domain atau subdomain ke Dewacloud, pastikan kamu sudah membuat environment di Dewacloud Dashboard kamu dan sudah memiliki domain atau subdomain yang ingin dikoneksikan.

Step 1: Settings Environment

settings environment - cara mengkoneksikan domain/subdomain

Klik Settings pada Environment yang ingin kamu koneksikan dengan Domain atau Subdomain.

Step 2: Domain Binding

domain binding - cara mengkoneksikan domain/subdomain

Masukkan nama domain atau subdomain yang ingin kamu koneksikan ke Environment kamu, di sini kami menggunakan contoh subdomain tutorcandycbt.dewiweb.net, kemudian klik Bind.

Step 3: Pointing Domain

Terdapat dua (2) cara atau metode untuk mengkoneksikan domain atau subdomain ke Dewacloud, yaitu:

CNAME Records, dengan menggunakan metode CNAME Records kamu perlu pointing domain atau subdomain menggunakan CNAME dengan destination nya Shared Load Balancer (SLB) Environment kamu.

A Records, dengan menggunakan metode A Records, kamu perlu pointing domain atau subdomain menggunakan A dengan destination nya IPv4 atau IP Public dari Load Balancer (jika menggunakan load balancer) atau IPv4 dari Application Servers.

Jika kamu belum memiliki IPv4, kamu bisa mengaktifkannya dengan klik Attach IPv4 pada Node Application Servers kamu, kalau Load Balancers sudah aktif secara otomatis.

load balancer - cara mengkoneksikan domain/subdomain

Kemudian switch ke ON pada IPv4.

Step 4: Add DNS

Karena dewiweb.net menggunakan hosting Dewaweb, sehingga DNS Management nya ada di dalam cPanel.

add dns - cara mengkoneksikan domain/subdomain

Kami menggunakan metode A Records, pada Destination nya masukkan IPv4 atau IP Public yang sudah kamu dapatkan dari Application Servers atau Load Balancers kamu, lalu Save Records.

Jika kamu memiliki Application Servers atau Load Balancers yang lebih dari 1 node, atau lebih dari 1 IPv4 nya, kamu perlu menambahkan kembali untuk IPv4 selanjutnya.

Step 5: Testing

Langkah terakhir adalah testing, kamu bisa mengakses domain atau subdomain yang sebelumnya sudah kami binding.

testing - cara mengkoneksikan domain/subdomain

Tampilan di atas adalah menandakan bahwa binding domain telah berhasil. Kalau kamu menggunakan DNS Management lain, kemungkinan akan ada perbedaan Time To Live (TTL) setiap provider dan akan ada propagasi DNS beberapa saat sebelum akhirnya resolve.

Kesimpulan

Jika kamu mengikuti artikel ini dari awal sampai akhir, artinya kamu telah berhasil Mengkoneksikan domain atau subdomain ke Dewacloud.

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin Anda baca di blog ini. Semoga artikel ini membantu kamu, ya.

Dewacloud Team

Dewacloud Team

Dewacloud Specialist Team helps customers daily 24/7 and on their free time, they also create quality tutorial content for our precious customers.