Skip to content
Dewacloud Blog
Search
Close this search box.

Memahami Konsep Vertical Scaling

Pernah mendengar tentang vertical scaling? Penskalaan secara vertikal ini adalah salah satu upaya peningkatan kapabilitas dari satu server yang sama. Yuk simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini!

 

Vertical Scaling

Vertical scaling adalah salah satu upaya meningkatkan kapabilitas single node atau single server dengan menambah resource seperti RAM ataupun CPU. Dengan vertical scaling, kamu tidak perlu takut akan terjadi penurunan performa, melainkan kenaikan performa. Namun harga yang akan kamu bayarkan akan menjadi lebih mahal daripada biasanya.

 

Dengan menggunakan vertical scaling, tidak diperlukan perubahan code atau data, karena hanya perlu menambahkan resourcenya saja dan memerlukan reboot node atau server selama beberapa menit saja, sehingga tidak mengganggu fungsional aplikasi kamu di dalam node atau server tersebut.

 

Konsep vertical scaling ini biasanya diterapkan pada PaaS atau Platform as a Service, sehingga pengaturannya dapat dilakukan dari sisi platform dan tidak menyentuh fisik sama sekali, karena single node atau single server tersebut terbentuk dari kontainer.

 

Logikanya seperti gedung, untuk memenuhi kapasitas pengunjung atau tenant, akan terus ditingkatkan lantainya. Semakin tinggi lantainya, semakin banyak kapasitas yang dapat ditampung di gedung tersebut.

 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Dewaweb meluncurkan produk baru, yaitu Dewacloud. Platform ini akan sangat cocok untuk para Developers dan DevOps.

konsep vertical scaling

PaaS yang kami maksud seperti contoh di Dewacloud, terdapat 2 pilihan reserved dan scaling limit, artinya reserved ini yang akan kamu bayarkan rutin setiap jam, hari ataupun bulan dan fixed. Sedangkan jika kamu aktifkan scaling limit, kamu hanya bayarkan selama penggunaan kamu saja.

 

Misalnya, kamu menggunakan cloudlet sampai menyentuh limit dari scaling selama kurang lebih 1 jam, maka akan di-charge 1 jam saja selama penggunaan.

 

Untuk itu, kamu perlu mengetahui berapa estimasi pengunjung atau user yang akan berkunjung setiap harinya, dengan penggunaan reserved cloudlet sekian, apakah akan cukup atau tidak. Jika kamu tidak bisa memastikannya, vertical scaling limit ini berperan untuk membantu menjaga node, server atau aplikasi kamu akan tetap berjalan walaupun ada penambahan visitor yang cukup signifikan, sehingga visitor tidak akan tahu bahwa ternyata node atau server menggunakan fitur scaling limit tersebut.

 

Karena didasari dari kontainer, maka pengaturan reserved cloudlet dan scaling limit cloudlet berbeda setiap layer-nya, karena masing-masing layer terdapat resource yang berbeda.

 

Kesimpulan

Di Dewacloud, kamu bisa mengatur jumlah cloudlet yang kamu inginkan dengan harga bersahabat dan bersaing. Terdapat juga sistem discount yang akan kamu terima. Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog. Semoga artikel ini membantu, ya!

Dewacloud Team

Dewacloud Team

Dewacloud Specialist Team helps customers daily 24/7 and on their free time, they also create quality tutorial content for our precious customers.