Skip to content
Dewacloud Blog
Search
Close this search box.

Review Update Feature Pada Dewacloud Platform V.7.2

Ada beberapa update fitur di platform Dewacloud. Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai Review Update Feature Pada Dewacloud Platform V.7.2. Yuk simak penjelasannya hingga akhir!

Apa Itu Dewacloud?

Dewacloud adalah platform cloud next generation untuk para developer dan DevOps yang menyukai kemudahan atau simplicity dalam mengelola project. Dengan perkembangan teknologi application development dan CI/CD yang semakin canggih dan mengarah ke multi-cloud & hybrid environments, kompleksitas semakin bertambah dan resources yang dibutuhkan untuk mengelola ini semakin banyak dan mahal.

Dewacloud menyediakan solusi untuk menjawab tantangan ini dengan memberikan kemudahan, fleksibilitas dan full control untuk para developers dan DevOps dalam mengelola application development lifecycle dalam satu integrated dashboard yang intuitif dan user-friendly. 

Dewacloud didukung oleh salah satu provider cloud hosting terbaik di Indonesia, yaitu Dewaweb, yang sudah bersertifikasi ISO 27001 untuk standar keamanan informasi kelas dunia dan terkenal dengan kualitas layanan maupun teknologi cloud yang mumpuni dan berkinerja tinggi.

Berikut ada beberapa update feature yang dilakukan pada versi 7.2.

Password Policy

review update dewacloud

Keamanan pada user accounts adalah salah satu prioritas utama Dewacloud PaaS. Terdapat password policy yang diimplementasikan untuk memastikan keamanan pada customer kami. Requirement saat ini yaitu:

  • Minimum password adalah 10 karakter.
  • Setidaknya ada 1 simbol untuk setiap kategori seperti number, lowercase, uppercase dan special karakter.
  • Disarankan untuk tidak mengulangi password sebelumnya.

Juga, password akan berlaku selama 180 hari dan perlu reset setelah expired.

Sebagai security measure, 5 kali upaya login yang gagal secara berturut-turut akan menyebabkan kamu di lock sementara selama 15 menit untuk source IP yang sama. User yang ter-lock karena aktivitas sebelumnya dapat melakukan login ulang setelah period time tersebut.

Non-Zero Error Codes for CLI

Jelastic CLI adalah platform management dan automation tool yang memungkinkan penanganan sebagian besar platform operations remotely. Biasanya, perintah CLI return zero code, sedangkan respons memberikan hasil aktual dari API method call. Parameter jelastic.non_zero_exit_code baru dapat ditambahkan ke file konfigurasi CLI (terletak di ~/.config/jelastic/jelastic.properties secara default).

Ini menentukan apakah perintah CLI harus merespons dengan zero code seperti biasa (false – default value) atau dengan non-zero code ketika melakukan eksekusi API method dan return error (true).

Inbound Ports Variable

JELASTIC_PORTS adalah variable khusus yang digunakan selama pembuatan Jelastic Container untuk menentukan port custom mana yang harus dibuka di firewall container. Untuk membuat tujuan dari variable intuitive, diubah ke OPEN_INBOUND_PORTS, kedua values tersebut support untuk memastikan backward compatibility, namun semua container baru akan dibuat dengan OPEN_INBOUD_PORTS variant secara default.

review update dewacloud

Cara tersebut biasanya digunakan kalau kamu ingin melakukan penambahan custom ports pada inbound rule di Firewall sebelum node atau container nya dibuat.

API Changes

Dewacloud PaaS menyediakan source file dengan support semua API public dalam Specification standard OpenAPI. Kamu bisa download ke dalam format YAML atau JSON dengan klik link berikut:

Kamu bisa mengintegrasikan file-file tersebut dengan tool apapun yang support OpenAPI standard, contohnya Swagger Tools untuk generate clients berdasarkan programming language, build documentation dan lain-lain.

Extended Account Collaboration

review update dewacloud

Account Collaboration adalah powerful tool yang memungkinkan multiple users untuk bekerjasama di dalam project yang sama. Intinya, kamu bisa share environment dengan akun lain di Dewacloud Dashboard. Selain itu, ada beberapa perbedaan permission yang dapat diberikan ke collaboration member untuk mencakup berbagai use cases.

Pada versi sekarang, fitur tersebut dilakukan major rework, terutama berfokus pada perluasan fleksibilitasnya. Dua titik fokusnya adalah mekanik pada roles dan policies untuk manajemen advanced permission dan integrasi dengan environment groups untuk lebih baik dalam mengatur komponen yang di share. Fitur-fitur tersebut dibungkus ke dalam comprehensive UI:

  • Shared by Me – collaboration options Untuk primary account, terdapat 3 tabs:
    Member – manage list dari member collaboration (invite user baru, suspend atau remove yang sudah ada, customize shared environments, groups, roles dan lain-lain).
    Roles – configure custom roles.
    Policies – lists actions (specfic operations) yang dapat digabung menjadi role.
  • Shared with Me – options untuk member collaboration (accept/reject invitation, view roles and policies, leave collaboration, dan lain-lain).

Primary account tetap mengirimkan collaboration invite dan user dapat menerima itu. Namun, secara default terdapat 2 predefined collaboration roles (admin dan viewer), kamu bisa create banyak roles dengan berbeda permission sesuai yang kamu butuhkan. Juga, terdapat kemampuan untuk share seperate environments, dan memungkinkan untuk share environment groups, yang dimana ini dapat membantu mengatur primary account dengan cara yang lebih mudah.

Send Message API with IP Authorization

Pada versi sekarang, terdapat 2 API method baru yang di-implementasikan untuk pengiriman email notifikasi dari container ke owner. Method ini memberikan authentikasi otomatis berdasarkan IP pada container, sehingga user session (password dan login) tidak diperlukan. 

Kedua method baru tersebut bagian dari Environment > node service.

  • SendEvent – mengirimkan predefined event menggunakan IP authorization

eventName – nama yang diperlukan event, saat ini, terdapat value yang disupport:

  • SEND_NOTIFICATION – mengirimkan email notifikasi ke node owner.
  • OOM_KILLER – mengirimkan pesan setelah OOM Killer invocation.
  • CUSTOM_NODE_EVENT – user-defined custom event.

params – JSON object dengan parameter untuk Cloud Scripting.

  • SendNotification – mengirimkan email notifikasi ke node owner menggunakan IP authorization

name – Judul dari pesannya.

message – Isi dari pesannya.

Platform Rebranding

review update dewacloud

Sebelumnya dikenal dengan Jelastic yang masuk ke dalam Virtuozzo family, saat ini diubah menjadi Virtuozzo Application Platform. Perubahannya seperti pada dashboard default images, labeling, documentation references, Hello World application dan lain-lain.

CentOS Stream 8 OS Support

Virtuozzo Application Platform support beberapa Operating System Template yang terkenal, yang memungkinkan untuk menggunakan multiple different solution dari Docker Hub sebagai custom containers. Karena CentOS Linux 8 End Of Life (EOL), alternatif rekomendasi template ditambahkan ke platform – CentOS Stream 8.

Collaboration Policy for Custom Commands

Dalam memperluas capabilities pada fitur account collaboration dan memastikan kemungkinan untuk memberikan full access ke shared account, terdapat Execute CMD policy baru. Jika dimasukkan ke dalam collaboration role, itu memungkinkan member untuk mengeksekusi custom CMD command pada shared environment. Permission ini dibutuhkan saat menginstall complex JPS solutions.

Environment Selection Field Adjustment

review update dewacloud

Pada versi sekarang, dashboard combo-boxes untuk environment selection telah di-improve. Untuk saat ini, list item yang ditampilkan lebih jelas.

Kesimpulan

Jika kamu mengikuti artikel ini dari awal sampai akhir, artinya kamu sudah memahami mengenai Review Update Feature Pada Dewacloud Platform V.7.2. Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewcloud. Semoga artikel ini membantu.

Dewacloud Team

Dewacloud Team

Dewacloud Specialist Team helps customers daily 24/7 and on their free time, they also create quality tutorial content for our precious customers.